Cara Menjadi Agen Asuransi

Bagaimana menjadi agen asuransi yang sukses?

Selama bertahun-tahun belakangan ini, asuransi telah menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan dan banyak dijalankan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah perusahaan yang menawarkan layanan asuransi. Bukan hanya perusahaan yang berasal dari dalam negeri saja, ada banyak perusahaan asuransi yang berasal dari luar negeri juga yang menjalankan bisnisnya di Indonesia. Ini menjadi salah satu bukti bagaimana asuransi bisa menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan dan layak untuk tetap dipertahankan.

Dan makin banyak pula perusahaan-perusahaan menjadi agen/broker asuransi dan mereka menjual di dunia Internet. Ada yang menjual asuransi umum saja dan ada pula yang menjual asuransi umum dan asuransi jiwa bahkan ada salah satu web site perusahaan malah ada yang menjual Asuransi Umum, Asuransi Jiwa, KTA, Kartu Kredit, Kredit Mobil, Kredit Motor dan simpanan semua dijual jadi satu di web sitenya.

Ini semua menandakan bisnis asuransi merupakan bisnis yang lumayan dan terus berkembang tiap tahunnya. Dan asuransi akan menjadi tren bisnis yang bagus di masa depan.

Berikut ini adalah cara menjadi seorang agen asuransi yang sukses:

1. Bergabung dengan Agensi Asuransi Yang Besar dan Terbukti

Ini harus menjadi pertimbangan sebelum anda join sebagai agen asuransi karena dengan anda join di agensi yang besar dan terbaik maka anda juga akan ikut terbawa menjadi agen yang sukses dan terbaik.

Agensi yang besar dan terbaik biasanya mempunyai sistem yang sudah terbukti untuk membawa para agen-agen yang di bawah naungannya sukses dan kaya.

Jangan pilih agensi asuransi yang kecil karena anda akan susah berkembang dan tidak akan sukses di asuransi.

Untuk melihat agensi yang terbaik cukup mudah yaitu lihat dan datang ke kantor agensi tersebut

  1. Apakah banyak agennya?
  2. Apakah besar kantornya?
  3. Apakah mempunyai sistem pelatihan yang baku untuk para agennya?
  4. Apakah mempunyai sistem perekrutan yang sudah terbukti?
  5. Apakah ketika training banyak agen yang mengikutinya?

Jika semua ini anda bisa menjawab dengan baik maka agensi tersebut adalah agensi yang bagus untuk anda berkembang.

2. Pilih Perusahaan Asuransi yang No.1 di Dunia

Tidak kalah penting sebelum bergabung menjadi agen, Anda juga harus mengecek terlebih dahulu bagaimana latar belakang perusahaannya. Perusahaan asuransi yang baik dan bagus tentu menjelaskan produknya dengan jelas, perhitungan keuntungannya pun juga transparan.

Asuransi Allianz adalah perusahaan asuransi no.1 di Dunia.

3. Memiliki Jenjang Karir Yang Simpel

Dan pilih perusahaan asuransi yang mempunyai jenjang karir yang simpel dan jangan yang bertingkat banyak.

Banyak sekali perusahaan asuransi mempunyai jenjang karir yang bertingkat banyak dan ditambah lagi persyaratan untuk naik ke jenjang yang di atasnya, ini semua akan membuat anda susah untuk berkembang.

Misal perusahaan asuransi X mempunyai jenjang karir sbb :
– Agen
– Manager
– Senior Manager
– Director

Perusahaan X mempunyai 4 jenjang karir yang harus ditempuh oleh seorang agen hingga mencapai posisi atas agen di perusahaan X. Dan persyaratan untuk naik ke jenjang di atasnya juga pasti ada dan makin sulit untuk naik ke atas. Ini menandakan sulit untuk anda mencapai posisi atas dalam karir sebagai agen.

Pilihlah jenjang yang simpel yaitu agen dan leader. Ini cukup dan akan membawa anda sukses menjadi agen asuransi. Dengan jenjang karir yang simpel menandakan perusahaan mempermudah persyaratan untuk naik dan sukses di asuransi.

Memilih perusahaan asuransi yang baik menjadi salah satu hal penting dan menentukan apakah Anda akan sukses di bisnis tersebut atau tidak.

Asuransi Allianz memiliki jenjang karir yang cukup simpel untuk membawa anda sukses dan kaya yaitu hanya mempunyai jenjang BE (Business Executive) dan BP (Business Partner).

4. Totalitas dan Fokus

Kunci agar Anda sukses untuk menjalaninya adalah totalitas dan fokus. Apa yang dimaksud dengan totalitas? Bukan berarti Anda harus keluar dari pekerjaan utama Anda jika Anda menjadikan bisnis ini sebagai sampingan. Namun totalitas di sini adalah lebih ke kualitas kinerja Anda untuk menjual produk asuransinya. Dengan berbagai macam cara, baik online maupun offline. Anda pun bisa prospek nasabah di mana saja, dan kapan saja. Bahkan bisa jadi jika itu adalah teman sekantor atau teman komunitas. Adapun yang dimaksud fokus adalah komitmen terhadap target yang ingin dicapai. Misalnya dalam sehari atau seminggu harus melakukan prospek ke calon nasabah berapa orang, maka harus tercapai. Jangan mudah untuk mentolelir karena alasan malas atau capek.

5. Kuasai Produk dengan Baik

Saat akan menjual suatu produk, maka hal pertama yang akan kita lakukan adalah mengetahui dengan jelas segala manfaat dan juga keuntungan yang akan didapatkan dari produk tersebut.

Pastikan Anda memiliki pengetahuan dan keyakinan yang sangat baik mengenai berbagai macam produk asuransi yang akan Anda pasarkan. Dengan begitu, maka Anda akan lebih mudah melakukan pendekatan serta memberikan penjelasan yang detail mengenai manfaat dari masing-masing produk asuransi tersebut. Jangan menjual sebuah produk ketika Anda tidak yakin akan kualitas serta manfaat yang akan didapatkan oleh klien.

6. Miliki Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Seorang agen asuransi harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, karena hal ini akan mempermudah Anda untuk melakukan presentasi dan pendekatan kepada calon klien yang Anda temui. Bukan hanya pengetahuan mengenai produk saja, namun Anda juga perlu menguasai berbagai macam topik pembicaraan, terutama yang sedang banyak diperbincangkan di khalayak umum. Pada umumnya para calon pengguna asuransi adalah mereka yang bekerja dan aktif mengikuti berbagai berita. Untuk itu Anda harus mengerti dan bisa mengimbangi pembicaraan mereka dengan pengetahuan yang mumpuni. Ketika Anda memiliki komunikasi yang baik, maka klien akan merasa nyaman dan mudah untuk mengambil keputusan mengenai produk yang Anda pasarkan.

7. Jadilah Pendengar yang Baik

Bukan hanya pembicaraan yang menarik saja yang bisa Anda berikan kepada klien, sesekali mereka ingin didengar juga. Berikan kesempatan berbicara pada klien Anda, jadilah pendengar yang baik dan ketahui dengan jelas produk apa yang mereka cari dan inginkan. Dengan begitu, maka komunikasi yang terjadi bisa berjalan dengan lancar dan Anda dengan mudah dapat menganalisa kebutuhan klien Anda.

Nah anda ingin menjadi agen asuransi yang sukses dan kaya? Anda sudah berada di tempat yang tepat untuk itu semua yaitu join di Allianz dan Agency New Vision.

Kami Agency New Vision adalah agensi terbaik di Asia Pasifik dan di seluruh perusahaan asuransi dan Allianz juga menawarkan jenjang karir yang simpel untuk membawa anda sukses dan kaya.